Kamis, 21 Oktober 2010

Apa yang Membuat Getah Pohon Naik

Setiap bagian tubuh kita mendapatkan suplai darah secara teratur yang di pompa dari jantung. Pada tumbuhan dan pohon, setiap bagian mendapat air dan makanan, yang kita sebut getah. Tapi pohon tidak mempunyai pompa, tidak mempunyai jantung. Jadi bagaimana getah ini dapat naik sampai keatas pohon? 
 
Ilmu Pengetahuan masih belum dapat menjelaskan misteri ini dengan pasti! Tentu saja ada beberapa teori tentang hal ini, tapi tidak satu teori tentang hal ini, tapi tidak ada satu teori pun yang dapat member jawabang lengkap. Ilmuwan percaya bahwa ada beberapa kekuatan yang menyebabkan hal ini mungkin.
 
Salah satu penjelasan berhubungan dengan “tekanan osmosis”. Pada benda hidup cairan dan larutan mengalir melalui membran (selaput tipis). Ini disebut “osmosis”. Ketika ada larutan kimia yang menyentuh membran, larutan ini menekan membrane. Ini disebut “tekanan osmotik”. Kalau terdapat partikel di larutan, lebih banyak partikel yang menekan membrane dan menyusup ke dalam larutan,  yang mempunyai sedikit partikel.
 
Mineral dan air yang digunakan tumbuhan berasal dari akar. Karena tanah mengandung lebih banyak mineral daripada tumbuhan, maka tekanan osmotic menyebabkan mineral memasuki tumbuhan. Mineral yang sudah larut tinggal di dalam sel tumbuhan. Lalu air menguap. Dengan cara ini, air dari tanah terus menerus mengalir ke atas melalui tumbahan.
 
Penjelasan lain mengenai bagaiman getah naik pada pohon berhubungan dengan “transpirasi” dan kohesi air. Penguapan air dari daun-daun disebut “kohesi”.
 
Transpirasi menyebabkan “tarikan” ke atas. Saat air menguap dari sel daun, terbentuklah ruang hampa udara pada sel yang langsung berada di bawah permukaan daun. Maka sel ini menarik sel dibawahnya untuk mendapatkan suplai getah. Dan ini terus terjadi sampai ke bawah ke akar tumbuhan. Kohesi menahan partikel air agar tetap berkumpul saat bergerak naik.

1 komentar: