Rabu, 29 September 2010

Fakta, Opini dalam Teks Iklan

Fakta ialah suatu kejadian atau peristiwa nyata yang biasa kita temui atau kejadian tak terduga dimana dapat dibuktikan secara nyata dan kuat.

contohnya :
  • Air mendidih pada suhu 100 derajat Celcius.
  • Matahari terbit di arah Timur dan terbenam di arah Barat.
  • ICYS ke - 17 diadakan di Bali, Indonesia.
  • Siapa pun tidak akan tahu kapan Hari Kiamat akan terjadi, kecuali Allah SWT.
  • Setiap Hari Jum'at kaum adam melaksanakan Shalat Jum'at.

Opini adalah suatu ide, gagasan, pendapat atau hasil pemikiran seseorang dimana pernyataan ini belum pasti nyata dan belum tentu dapat ditentukan.

contohnya :
  • Bagaimana kejahatan tak merajalela jikalau tidak adanya hukum yang mengikat.
  • Kemungkinan besok akan hujan.
  • Diduga para perampok bersenjata mendapatkan senjata api dari hasil perampokan sebelumnya.
  • Dikabarkan para pedagang kaki lima akan berdemo di depan bundaran HI.
  • Jakarta akan lumpuh pada tahun 2011.

    Nah, kalau teks iklan sendiri sifatnya ada komersial (mencari keuntungan) dan nonkomersial (tidak mencari keuntungan), isinya sendiri berupa ajakan atau rayuan (persuasif) supaya para pembaca mengikuti langkah-langkah pada iklan itu.
    Iklan sendiri bersifat objektif, artinya memperlihatkan sesuai kenyataan dan juga bersifat subjektif, yaitu opini dari pembuat iklan tersebut.


    contoh kalimat pada iklan :


    2 komentar: